Tuesday, February 24, 2015

Waspada Akan Bahaya Membeli Tomat Dalam Kemasan Plastik


Tomat tidak diragukan lagi merupakan buah sayur yang bergizi karena mengandung vitamin A dan C dalam kadar yang tinggi namun jika Anda adalah penyuka tomat, Anda harus memastikan untuk tidak membeli tomat dalam kemasan plastik. Alasannya yaitu karena tomat akan menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dikemas dalam kemasan plastik dan tentu saja, ada alasan ilmiah untuk masalah ini. Jika Anda gemar memasukkan tomat dalam menu masakan Anda, berikut adalah bahaya tomat yang dikemas dalam kemasan plastik yang wajib Anda ketahui.

Bahaya Buah Tomat Dalam Kemasan Plastik

Jika Anda adalah penyuka tomat, Anda wajib mengetahui bahaya buah tomat dalam kemasan plastik yang disebabkan oleh kandungan gas yang terdapat di dalam tomat. Tomat merupakan buah yang memproduksi gas ethilen dengan sangat aktif dan gas ethilen akan bereaksi dengan plastik polyethylene atau plastik Styrofoam yang biasa digunakan untuk membungkus tomat. Reaksi antara gas ethilen dan dan plastik tersebut membuat kulit tomat terlapisi oleh zat ethylene.

Kulit tomat akan menjadi berbahaya untuk dikonsumsi jika sudah terlapisi oleh zat ethylene yang akan secara otomatis melapisi kulit tomat jika kulit tomat dibungkus dengan plastik. Bahaya tomat dalam kemasan plastik lain yang wajib Anda ketahui jika Anda termasuk penyuka tomat yaitu tomat akan menjadi lebih cepat busuk serta berjamur jika tomat dibungkus dengan plastik polyethylene dan sayangnya, seringkali tomat yang bisa Anda beli saat ini dibungkus dengan kemasan plastik, baik itu di pasar tradisional maupun di supermarket.

Solusi Masalah Bahaya Tomat Dalam Kemasan Plastik

Kenyataan bahwa tomat bisa menjadi sangat berbahaya jika dibungkus dalam kemasan plastik tentu bukan masalah yang tanpa solusi mengingat terdapat beberapa solusi yang bisa Anda ambil untuk menghindari bahaya tomat yang dibungkus dalam kemasan plastik. 

Solusi pertama yaitu selalu mengupas kulit tomat setiap hendak memasak menu makanan dengan bahan tomat jika tomat yang Anda beli dibungkus dengan kemasan plastik. Solusi kedua yang bisa Anda ambil yaitu selalu mencuci tomat yang telah Anda beli dan menyimpannya di fruit box yang ada di kulkas Anda supaya tomat tersebut bisa lebih tahan lama.

Untuk benar-benar menghindari bahaya dari buah tomat yang dibungkus dalam kemasan plastik, Anda juga harus jeli dalam membeli tomat dengan cara membeli tomat di pasar secara kiloan dan memilih tomat yang dagingnya masih keras, bebas luka, serta nyaris ranum. 

Setelah membeli tomat, tentu Anda juga harus selalu memastikan untuk tidak menyimpan tomat di dalam plastik karena hal tersebut dapat membuat tomat menjadi berjamur dan bahkan beracun. Ada berbagai solusi yang bisa Anda ambil jika Anda ingin selalu terhindar dari bahaya tomat dalam kemasan plastik.

No comments :